METODE PEMBELAJARAN


Metode adalah merupakan suatu strategi bagi seorang guru dalam mengelola pembelajaran sehingga mudah dIahami oleh siswa, dapat menunjang pencapaian tujuan pembelajaran. Dalam penyampaian materi diusahakan menggunakan multi metode. Adapun metode-metode yang sering digunakan  :
a.       Metode ceramah yaitu metode ini merupakan induk dari metode yang ada, karena tanpa ada ceramah suasana kelas akan mati. Begitu sebaliknya, jika guru terus berceramah maka terjadi pembelajaran yang pasif, yang membosankan. Untuk menutupi kelemahan ini maka digunakan multi metode.
b.      Metode diskusi yaitu metode ini mengajak siswa untuk melakukan tukar pendapat, pendalaman   pengetahuan yang dimiliki atau didapat untuk mendapatkan suatu kesimpulan. Semua metode memiliki kelemahan dan keunggulan oleh karena itu setiap metode tidak bisa berdiri sendiri.
c.       Metode tanya jawab yaitu upaya pembelajaran komunikatif maka siswa dituntun agar mampu menjawab petanyaan yang dibuat guru atau siswa mampu bertanya agar konsep dapat dMatematikahami.
d.      Metode pemecahan masalah ( problem solving ) adalah metode ini digunakan dalam pembahasan soal-soal agar siswa  terbina ketrampilan prosesnya.
e.       Metode penugasan adalah metode ini berguna melatih ketrampilan proses dengan memberikan tugas siswa terlatih mengunakan konsep sehingga menjadi terampil dan mengerti manfaat belajar Matematika.
f.       Metode permainan dalam pembelajaran Matematika  merupakan sesuatu inovasi guru sehingga siswa tidak merasa bosan untuk belajar. Yang perlu diingat dalam pembelajaran Matematika adalah pendekatan yang digunakan  adalah pakem

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Powered By Blogger | CREATIVE DESAINS BY PUTRA © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top