BIMTEK DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH DASAR TERKAIT TIK DI SD

Sekolah adalah salah satu tumpuan harapan para orang tua dalam mewujudkan cita-cita anaknya.  Besarnya harapan masyarakat terkait pendidikan menuntut kesiapan semua pihak yang terkait langsung maupun tidak terhadap dunia pendidikan. Apalagi jika dikaitkan dengan kemajuan ilmu pengetahuan,  teknologi, informasi dan globalisasi. Terkait dengan hal tersebut pihak Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan bimbingan teknis sehubungan dengan bantuan sosial yang diterimakan kepada 277 Sekolah Dasar pada tahun anggaran 2012 dalam bentuk pengadaan sarana peningkatan mutu pembelajaran berbasis TIK.  Selain memberikan bimbingan teknis kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 24 sampai 26 Juni 2012 tersebut diisi dengan penandatanganan MoU antara Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar dengan Sekolah Dasar yang menerima bantuan tersebut.

Pelaksanaan kegaitan bimtek tersebut bertempat di Ruang Convention Centre Hotel Pasundan Bandung. Selama pelaksanaan kegiatan para peserta nampak sangat antusias dalam mengikuti setiap paparan penyaji tentang sebagian besar menekankan seberapa pentingnya penggunaan TIK dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga kualitas pendidikan dapat meningkat. Para penyaji juga memaparkan penggunaan IT ke depan akan dioptimalkan dalam sistem pelaporan setiap bantuan sosial yang akan diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.  Pelaksanaan pelaporan akan dilakukan secara onlie melalui situs Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar dengan alamat http://www.jendela.net/bansos.

Efektifitas pelaporan akan sangat terjamin cepat dan praktis dan merupakan sebuah langkah maju dalam pemanfaatan teknologi untuk membantu memperlancar pelaksanaan kegiatan administrasi yang melibatkan institusi sekolah dasar yang terdistribusi menyebar di seluruh Indonesia yang sangat luas. Demikiaan salah satu poin yang disampaikan oleh Pak Hendro salah seoran staff Kementrian yang memberikan penyajian materi terkait pemanfaatan situs internet dalam membantu melaporkan setiap pelaporan bansos.

Pelaksanaan bimtek yang diselingi strategi pembelajaran orang dewasa oleh para penyaji yang diselingi humor segar membuat para peserta betah berlama-lama duduk di ruangan convntion centre tersebut. Kegiatan bimtek ditutup pada tanggal 26 Juni 2012, dan setiap peserta yang berasal dari seluruh Indonesia kembali ke daerah masing masing untuk mempersiapkan segala sesuatu terkait bantuan sosial tersebut.

1 komentar:

Mustofa mengatakan...

nice info

Poskan Komentar

 
Powered By Blogger | CREATIVE DESAINS BY PUTRA © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top