1. PENDAHULUAN Siswa sebagai manusia secara kodrat memiliki tiga fungsi yaitu dalam hubungannya dengan dirinya sendiri, dalam hubungannya dengan lingkungan sosial dan alam dan dalam hubungannya dengan Tuhan. Siswa dalam hubungannya dengan lingkungan sosial adalah bagaimana siswa tersebut melalui pembelajaran di sekolah dapat belajar berinteraksi dengan siswa dan manusia lain dalam kapasitasnya bergaul dalam masyarakat. Keterbelakangan siswa Indonesia selama ini ditengarai sebagai suatu akibat rendahnya kompetensi sosial yang mereka miliki. Dimana di sekolah mereka selalu dicekoki dengan hafalan, rumus dan angka tanpa tahu manfaatnya bagi kehidupan bergaul dengan masyarakat. Keadaan ini mengakibatkan kesadaran para pemerhati pendidikan untuk mempengaruhi kebijakan agar kurikulum pendidikan sinergi dengan perkembangan lingkungan sosial. Sehingga pentingnya pengenalan media pembelajaran IPS sebagai sarana meningkatkan kompetensi sosial siswa adalah sangat penting. Penggunaan media IPS dih
SEPUTAR ARTIKEL GURU DAN PENDIDIKAN