Skip to main content

LAPORAN BIBINGAN TEKNIS UJIAN NASIAONAL REGIAONAL DENPASAR


Penilaian hasil belajar merupakan proses pengumpulan informasi/data tentang capaian
belajar peserta didik. Penilaian dapat dilakukan oleh Pendidik, Satuan Pendidikan, dan Pemerintah. Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar, dan perbaikan hasil belajar melalui penugasan dan pengukuran pencapaian satu atau lebih Kompetensi Dasar. Penilain hasil belajar oleh satuan pendidikan dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik sebagai pengakuan prestasi belajar dan/atau penyelesaian dari suatu Satuan Pendidikan dilakukan dalam bentuk Ujian Nasional (UN) dan/atau bentuk lain dalam rangka pengendalian mutu pendidikan.
Tahun 2020 sesuai dengan Kebijakan Merdeka Belajar, pelaksanaan USBN akan diganti dengan ujian (assesmen) yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan. Dimana ujian tersebut dapat dilaksanakan dalam bentuk tes tertulis dan atau bentuk penilaian lain yang lebih komprehensif, seperti portofolio dan penugasan (tugas kelompok, karya tulis dan sebagainya). Dengan begitu, guru dan sekolah lebih merdeka dalam menilai hasil belajar siswa.
Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudyaan Nomor 43 Tahun 2019, ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan merupakan penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan yang bertujuan untuk menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Adapun bentuk ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan berupa portofolio, penugasan, tes tertulis, dan/atau bentuk kegiatan lain yang ditetapkan satuan pendidikan sesuai dengan kompetensi yang diukur berdasarkan standar nasional pendidikan.
Menindaklanjuti kegiatan tersebut, Direktorat Sekolah Dasar melakukan Bimbingan Teknis Penyusunan Soal Ujian Sekolah untuk menyiapkan pelaksanaan Ujian Sekolah berdasarkan Kebijakan Merdeka Belajar, diharapkan melalui kegiatan tersebut pendidik memahami dan mampu mengembangkan substansi dan model ujian sekolah. Selain itu soal yang dibuat dapat dijadikan sebagai instrument yang valid dan objektif dalam mengukur hasil belajar siswa.

Laporan Bimtek secara lengkap dapat di unduh di sini !


Sharing Seijin
Peserta Bimbingan Teknis Ujian Nasional SD Regional Denpasar
Ida Bagus Gede Eka Putrawan, S.Pd, M.Pd

Comments

Popular posts from this blog

Soal Latihan Kelas I 30/03/2020

Status darurat Covid 19 yang telah mengancam dan memakan korban jiwa, membawa dampak kepada kalian akan tetap belajar di rumah beberapa minggu ke depan, sambil menunggu keadaan menjadi lebih baik. Sebagai selingan dalam mengisi kegiatan belajar di rumah berikut kembali dihadirkan soal-soal yang dapat kalian jawab melalui HP.  Tapi ingat, belajarlah dulu tentang materi pelajarannya, baru jawab soal-soalnya. Jika skornya belum memuaskan, silahkan pelajari lagi materinya dan kembali jawab soalnya. Kalau kalian menemukan masalah, bisa hubungi guru kelas atau mata pelajaran kalian masing-masing. Sambil belajar di rumah, ingat jaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan, jaga jarak dengan orang yang sakit, makan dan istirahat yang cukup, rajinlah berolahraga setiap sore, selalu berdoa, rajinlah membantu orang tua kalian, isi jurnal harian kalian, jangan keluar rumah, jangan lupa selalu membuat foto atau video kegiatan kalian di rumah dan kirimkan ke guru kelas atau mata pelajaran ...

KARAKTERISTIK ANAK SD

Anak SD merupakan anak dengan katagori banyak mengalami perubahan yang sangat drastis baik mental maupun fisik. Usia anak SD yang berkisar antara 6 – 12 tahun menurut Seifert dan Haffung memiliki tiga jenis perkembangan : 1. Perkembangan Fisik Hal tersebut mencakup pertumbuhan biologis misalnya pertumbuhan otak, otot dan tulang. Pada usia 10 tahun baik lai-laki maupun perempuan tinggi dan berat badannya bertambah kurang lebih 3,5 kg. Namun setelah usia remaja yaitu 12 -13 tahun anak perempuan berkembang lebig cepat dari pada laki-laki, Sumantri dkk (2005). 2. Perkembangan Kognitif Hal tersebut mencakup perubahan – perubahan dalam perkembangan pola fikir.Perkembangan kognitif seperti dijelaskan oleh Jean Piaget dapat dijelaskan berdasarkan tiga pendekatan perkembangan yaitu : a. Tahapan Pra Oprasional b. Tahapan Oprasional Konkrit c. Tahapan Oprasional Formal 3. Perkembangan Psikososial Hal tersebut berkaitan dengan perkembangan dan perubahan emosi individu. Seperti dijelaskan ole...