Skip to main content

WORKSHOP ASSESMENT AUTENTIK IN 1 HARI PERTAMA

Pelaksanaan Workshop Penilaian Assesement Authentic dalam bentuk tes tulis, penugsan, fortofolio atau bentuk penilaian lainnya secara resmi di buka oleh Kepala Disdikpora Kabupaten Karangsem. 

SOAL-SOAL ONLINE












Acara yang diformat dengan alur In-On-In tersebut mendaulat Ida Bagus Eka Putrawan, S.Pd M.Pd sebagai narasumber utama yang melibatkan 68 peserta dipandu oleh 9 orang pemandu dan didampingi oleh 8 orang pengawas pendamping. 




WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU
DALAM PENYELENGGARAAN EVALUASI PEMBELAJARAN SECARA KOMPREHENSIP MELALUI PENILAIAN AUTENTIK
TAHUN 2020

Mengawali tahun 2020, KKKS (Kelompok Kerja Kepala Sekolah) dan KKG (Kelompok Kerja Guru) Guru Kelas Kecamatan Karangasem berkolaborasi untuk mengadakan kegiatan Workshop Assesment Autentik untuk menindaklanjuti Kegiatan Bimtek Penyusunan Soal US Region Denpasar yang memuat intisari dari Program Merdeka Belajar yang diamanatkan oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makariem.

Kegiatan workshop ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menghasilkan produk instrumen penilaian yang dapat mengukur kemampuan siswa secara holistik baik dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor.


Kegiatan workshop dilaksanakan dengan pola In - On 60JP yang diikuti oleh 68 Guru Sekolah Dasar, didampingi oleh 8 orang Pengawas SD, dipandu oleh 10 orang Guru Pemandu, dan 1 Narasumber Utama yang akan membawakan materi. Sumber pembiayaan dari kegiatan ini adalah dana pengembangan diri dari anggaran dana BOS yang danggarkan oleh masing-masing sekolah dasar di Kecamatan Karangasem.

Kegiatan IN 1 diselenggarakan di SD Negeri 3 Subagan, pada hari Sabtu, 7 Maret 2020. Kegiatan dibuka oleh Kadis Disdikpora Kabupaten Karangasem, I Gusti Ngurah Kartika, S.Pd., M.Pd, yang membawakan materi Kebijakan Disdikpora Kabupaten Karangasem terkait Program Merdeka Belajar yang dikeluarkan oleh Mas Menteri. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian pengarahan oleh Kabid Pembinaan SD, Drs. I Nyoman Ketut Merta, M.Si. dilanjutkan oleh Korwil Kecamatan Karangasem, Drs. I Gusti Ketut Panon, M.M.

Pembukaan oleh Kadis Disdikpora Kabupaten Karangasem


Setelah kegiatan pembukaan ditutup, kegiatan workshop dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber tunggal, Ida Bagus Gede Eka Putrawan, S.Pd.SD.,M.Pd. Adapun materi yang dipaparkan pada kegiatan workshop, sebagai berikut :


Foto Dokumentasi, Sabtu 7 Maret 2020





Berikut data Narasumber, Pemandu, Pengawas dan Kepanitiian  pada kegiatan workshop ini :

Narasumber
Narasumber yang akan berperan dalam kegiatan workshop ini adalah sebagai berikut :
  1. I Gusti Ngurah Kartika, S.Pd., M.Pd (Kepala Dinas Pendidikan dan Kepemudaan Kabupaten Karangasem)
  2. Ida Bagus Gede Eka Putrawan, S.Pd.SD.,M.Pd (Guru SD Negeri 1 Karangasem)
Pemandu
Pemandu yang dilibatkan dalam kegiatan ini adalah guru yang telah terlatih untuk membuat instrumen penilaian autentik yang mampu mengukur kompetensi siswa secara utuh terdiri dari :

Pengawas Pendamping
Agama Hindu : I Wayan Gotra, S.Pd
Kls I : Dra. Ni Komang Suardani, M.Ag
Kls II : Ida Bagus WP Adnyana, S.Pd., M.Si
Kls III : Ni Luh Sriasih, S.Pd
Kls IV : I Made Ludragama, S.Pd., M.M
Kls V : Dra. Ni Ketut Sudiarsih, M.Si
Kls VI : I Wayan Suberata, S.Pd
PJOK : Drs. I Gusti Ketut Panon, M.M

Guru Pemandu
Agama Hindu : I Ketut Sandi Yasa, S.Pd.
Kelas VI : Kadek Tisnawati, S.Pd.SD
Kelas V : Ni Luh Putu Agustini, S.Pd.SD
Kelas IV : Ni Luh Suwiti, S.Pd.
Kelas III : I Made Pasek Suyasa, S.Pd.SD
Kelas II : Ni Ketut Suryaningsih, S.Pd.SD
Kelas I : Pande Gd Oka Sumiartha, S.Pd.SD
PJOK : I Made Siman Swardiyasa, S.Pd
Agama Islam : Nazaruddin, S.Pd.I

Kepanitiaan
Kepanitiaan yang terlibat dalam kegiatan ini meliputi unsur kepala sekolah dari organisasi Kelompok Kerja Kepala Sekolah dan guru dari organisasi Kelompok Kerja Guru Kecamatan Karangasem masing-masing 7 dan 13 orang, sehingga total anggota berjumlah 20 orang. Struktur kepanitiaan tersebut adalah sebagai berikut :


Ketua Panitia :
I Made Murti, M.Si

Sekretaris :
I Putu Arnawa, M.Pd
I Nyoman Tambun Arianta,S.Pd.SD

Bendahara :
Ni Luh Sari Suryastini, S.Pd SD
I Dewa Gede Artatanaya

Koordinator Teknis :
I Wayan Putra, M.Pd

Pelaksana Harian : 
I Wayan Suarsa, S.Pd. SD

Konsumsi :
Ni Nyoman Rai Padmini,S.Pd.SD
Ni Kadek Dwiyana Astriani,S.Pd.SD
Ni Putu Tustiana Dewi, S.Pd.SD
Ni Nengah Martini,S.Pd.SD

Perlengkapan :
I Made Suryaatmaja,S.Pd.SD
I Nengah Yusa Yusyana, S.Pd SD
 
Dokumentasi :
Luh Pt Sri Wahyuni,S.Pd.SD

Keagamaan :
Ni Putu Yayuk Sunarningsih,S.Pd
Ni Putu Astitiani,S.Pd.SD 


PANDUAN



Comments

Popular posts from this blog

SOAL-SOAL LATIHAN SISWA BELAJAR DI RUMAH

Selamat Pagi, Bapak/Ibu orang tua siswa SDN 7 Subagan, untuk proses kegiatan belajar di rumah, silahkan dampingi anak Bapak/Ibu untuk belajar dengan menyelesaikan soal-soal di bawah ini. Ingat juga menjaga kesehatan kita dan anak-anak kita. Semoga kita selalu dalam lindungannya. Soal uang lain juga dapat di lihat pada link di bawaah ini ! Selamat Bekerja ! +++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ SOAL-SOAL LATIHAN BELAJAR DI RUMAH LANJUTAN PERTAMA SOAL-SOAL UNTUK BELAJAR DI RUMAH SOAL-SOAL KELAS II DAN KELAS III SOAL-SOAL KELAS IV LANJUTAN SOAL-SOAL CAMPURAN LATIHAN SOAL-SOAL KELAS IV LATIHAN SOAL-SOAL UJIAN LATIHAN SOAL-SOAL UJIAN LANJUTAN ++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++ 11. Belajar di rumah ke-11 IPS http://gg.gg/kelas-1-ips 10. Latihan ke -10 http://gg.gg/PH-PLH-kls-1 Kata kunci: juju056 9.latihan ke -9 http://gg.gg/PPKn-kls-1 8. Lathan ke-8 Matematika http://gg.gg

PEMBELAJARAN IPA SECARA HOLISTIK

I. PENDAHULUAN Pola konservativisme selalu menjadi hantu dalam ranah apapun dan dalam ruang lingkup pembicaraan apapun. Konservatifisme memandang bahwa apa yang telah ada adalah selalu yang terbaik dari yang baru. Hal tersebut terjadi di segala bidang. Termasuk dalam bidang pendidikan utamanya pemikiran tentang pola pembelajaran di sekolah. Kita kadang-kadang telah mengedepankan ego dibanding menerima suatu perubahan yang kreatif dan knstruktif. Permasalahan tersebut bukannya tidak kita sadari akan tetapi karna kita belum berhasil keluar dari konteks ego itu sendiri. Sebagai manusia sekiranya semua sependapat bahwa kita sebagai guru selalu kesulitan berfikir kreatif dan keluar dari konteks ego tersebut sehingga memerlukan beberapa latihan mental agar terbiasa dengan perubahan yang senantiasa menghampiri kita. Demikian halnya dengan saat kita membelajarkan IPA di SD. Barangkali semua juga sepakat bahwa kita sudah tahu berbagai jenis metode dan media sudah t

WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MICROSOFT POWER POINT UNTUK GURU-GURU SD DI KARANGASEM

  A.                 LATAR BELAKANG Peningkatan kualitas guru tak lepas dari meningkatnya kompetensi guru. Meningkatnya kompetensi guru juga ditunjang oleh meningkatnya wawasan guru dalam memahami berbagai metodelogi pendidikan dan media pendidikan. Kemampuan guru dalam menguasai cara penggunaan beberapa aplikasi komputer dalam pembuatan media pembelajaran untuk mendukung dalam upaya meningkatkan profesionalisme guru. Dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru diatur pada Permendiknas No. 35 tahun 2010 dimana kenaikan pangkat dari guru pertama ke guru muda harus menyertakan bukti fisik terkait kegiatan PKB yang dikatagorikan dalam unsur utama. Dimana komposisi unsur utama terdiri dari kegiatan PKG sebesar 90% dan PKB sebesar 10%. Kegiatan PKB guru dapat berupa karya inovasi guru, publikasi ilmiah, karya ilmiah popular, karya seni dan media pembelajaran. Aspek bukti fisik yang sangat melekat dengan tugas dan funsi utama guru adalah media pembelajaran. Media pembelajaran